Sabtu, 15 Desember 2018

Rankuman BAB 1 dan BAB 2


Pengarang :
SURYADI H.S.

Penerbit :
UNIVERSITAS GUNADARMA

Judul Buku :
Pengantar Sistem Pakar
Cover Buku



BAB 1
Pengenalan Sistem Pakar
            Apakah sistem pakar itu ?
Sistem pakar adalah suatu pemecahan masalah dengan menentukan area problem atau "domain" untuk di pecahkan. Pertimbangan ini sama kebenaranya dalam Artificial Intelligence (AI) dengan pemrograman konvesional. Meskipun rumusan umum pada problem AI  klasik seperti translasi bahasa natural, pemahaman percakapan, dan penglihatan belum diketemukan pembatasan problem domain mungkin dapat membuat solusi yang berguna.
            Meskipun tujuan umum pemecahan masalah tetap mengelakkan kita, fungsi sistem pakar sangat baik dalam domain terbatasnya. karena pembuktian keberhasilannya, kita hanya memerlukan observasi beberapa aplikasi sistem pakar sekarang ini dalam bisnis, kesehatan, ilmu pengetahuan, dan engineering termasuk buku jurnal konferensi dan produk yang dicurahkan ke sistem pakar. Pengetahuan dalam sistem pakar mungkin berupa expertise, atau pengetahuan yang pada umumnya ada dari buku, majalah, dan pengetahuan perseorangan. bentuk sistem pakar, "sistem yang berdasarkan pengetahuan" atau "sistem pakar berdasarkan pengetahuan" sering digunakan secara sinonim. Hampir semua orang gunakan sistem pakar sederhana karena kependekannya bahkan tidak ada expertise dalam sistem pakar, hanya sebuah pengetahuan umum


Sistem yang berdasarkan pengetahuan juga didesain untuk beraksi sebagai asisten intelligent pada ahli manusia. asisten intelligent ini di desain dengan teknologi sistem pakar karena keuntungan pengembangan, karena banyak pengetahuan ditambahkan ke asisten intelligent, maka akan beraksi lebih seperti expert. Pengetahuan expert khusus untuk satu "problem domain" sebagai kebalikan dari pengetahuan tentang teknik pemecahan masalah pada umumnya. Pengetahuan expert tentang pemecahan problem khusus disebut dengan "domain pengetahuan" expert. Misalnya sistem expert pengobatan di design untuk diagnosa penyakit infeksi akan mempunyai banyak hubungan dan gejala tertentu yang disebut dengan penyakit.  Expert sistem biasanya tidak mempunyai pengetahuan tentang cabang pengobatan lain seperti pembedahan dan ilmu kesehatan anak.


Keuntungan/Kelebihan Sistem Pakar

Expert sistem mempunyai sejumlah features yang menarik

"Increased Availability”. Expertise ada pada hardware komputer yang sesuai. Dalam uni yang sangat riil sistem pakar merupakan produksi expertise massa.

"Reduced cost”. Hanga penyediaan expertise per pemakai sangat rendah.

"Reduced danger". Experet sistem dapat digunakan dalam lingkungan yang berbahaya bagi manusia.

”Permanenence” . Expertise adalah permanen. Tidak seperti manusia ahli yang mungkin memperhatikan. diam atau mati, pengetahuan sistem pakar akan berakhir secara tidak tentu.

"Multiple expertise". Pengetahuan multiple expert dapat dibuat ada  pada kerja secara simultan dan kontinue pada problem pada waktu siang hari atau malam hari. Level expertise dikombinasikan Jari beberapa expert yang mungkin mendahului manusia ahli tunggal (Harmon 85).

"Increased reliability”. Expert sistem meningkatkan kepercayaan  dimana keputusan yang benar dibuat  dengan penyedian pendapat kedua pada manusia ahli atau (break a tie) dalam hal ketidaksetujuan oleh manusia ahli multiple. Tentu saja, metode ini mungkin tidak akan bekerja jika sistem pakar diprogram
Salah satu expert. Expert sistem harus selalu setuju dengan expert kecuali jika kesalahan dibuat oleh expert. Namun demikian ini mungkin terjadi jika manusia ahli lelah atau dalam keadaan stres

Explanation". Expert sistem dapat secara eksplisit menjelaskan secara detail pemberian alasan yang menuntun ke kesimpulan. Seseorang mungkin terlalu lelah tidak mau atau tidak dapat melakukannya saat itu. Ini meningkatkan kepercayaan bahwa keputusan yang benar telah dibuat.

"Fast response". Respon yang cepat atau waktu riil mungkin diperlukan untuk beberapa aplikasi. Tergantung pada software dan hardware yang digunakan, sistem pakar mungkin merespon lebih cepat dan lebih tersedia dibandingkan dengan manusia ahli. Beberapa situasi yang mendesak mungkin memerlukan Respon yang lebih cepat daripada manusia sehingga waktu real expert system merupakan pilihan yang baik (Hugh 88) (Ennis 86)

"Steady, unemotional, and complete response at all time". Ini mungkin sangat penting dalam waktu ridho dan situasi mendesak jika manusia ahli tidak beroperasi secara efisien karena stres atau kelelahan

"Intelligent tutor". Expert sistem mungkin beraksi seperti tutor Intelligent dengan membiarkan pelajar menjalankan contoh program dan jelaskan pemberian alasan sistem.

"Intelligent Database". Expert sistem dapat digunakan untuk access basis data dengan cara Intelligent (Kercshberg 86) (Schur 88).

Proses pengembangan sistem pakar mempunyai keuntungan tidak langsung juga saja pengetahuan manusia ahli harus dipasang ke dalam bentuk eksplisit untuk memasukkan dalam computer.









BAB 2
Representasi Pengetahuan
            Representasi pengetahuan merupakan hal yang penting dalam expert system karena dua alasan. Pertama shell expert system di desain untuk tipe representasi pengetahuan tertentu seperti baris dan logika. kedua, cara dimana expert sistem menunjukkan pengetahuan akan memberikan efek/akibat pengembangan, efisiensi, kecepatan, dan perawatan sistem. Pengetahuan merupakan salah satu kata dimana seorang mengetahui artinya tetapi sulit untuk mendefinisikannya. Seperti cinta pengetahuan mempunyai banyak arti dengan kata lain kata seperti data, fakta, dan informasi sering digunakan secara sinonim dengan pengetahuan.
            Study pengetahuan adalah "epitemology" (angeles 81). Sudi ini dihubungkan dengan alam, struktur, dan kasihan pengetahuan. Gambar 2.1 dapat mengilustrasikan kategori dari epitemology. Disamping macam pengetahuan yang di ekspresikan secara philosopy oleh Aristotle, Plato, Descartes, Hume, Kant, dan lainnya, ada dua type pokok yang disebut dengan "priori" dan "postriori". Bentuk "a priori" berasal dari bahasa latin dan yang berarti "yang mendahului". Pengetahuan "a priori "datang sebelumnya dan bebas dari pengetahuan dari arti seperti contoh pernyataan" segalanya memiliki sebab" dan "seluruh triangle dalam pesawat mempunyai 180°" adalah contoh dari pengetahuan "a priori" pengetahuan apriori disebut secara universal benar dan tidak dapat ditentukan tanpa kontradiksi.
            : Kebalikan dari pengetahuan "a priori" adalah pengetahuan yang diperoleh dari arti pengetahuan "a posteriori". Kebenaran atau kesalahan pengetahuan "a posteriori" dapat bervariasi dengan menggunakan arti pengalaman, seperti dalam pernyataan "Sinar hijau". Namun demikian, jika pengalaman sensori mungkin tidak selalu dapat dipercaya, pengetahuan "a posteriori" dapat disangkal pada basis pengetahuan baru tanpa memerlukan kontradiksi. pengetahuan dapat lebih lanjut diklasifikasikan ke dalam "procedural knowledge, declarativ knowledge, dan tacit knowledge". Prosedural dan type pengetahuan deklaratif berhubungan dengan paradigma prosedural dan deklaratif seperti didiskusikan dalam Bab-01. Pengetahuan prosedural sering disebut seperti diketahui bagaimana melakukan sesuatu. Pengetahuan deklaratif mengacu pada pengertian bahwa sesuatu benar atau salah.



Seperti digunakan dalam buku ini pengetahuan merupakan bagan hierarki dilestarikan dalam gambar 2.2. Titik pada bagian bawah nose/suara berisi item yang tidak akan menarik dan yang datang tidak jelas. Level berikutnya yang lebih tinggi merupakan item dari interest potensial data yang diproses diinformasikan yang menarik. Pengetahuan berikut yang menunjukkan informasi yang sangat khusus

PRODUKSI
Sejumlah teknik representasi pengetahuan telah di bagi. Hal ini mencakup baris, jaringan semantik, frames, scripts, bahasa representasi pengetahuan seperti KL-1 (Wood 83 dan KRYPTON (Brachman 83), grafik konsep (Sowa 84) dan lainnya (Brachman 80).
Satu format notasi untuk menentukan produksi adalah bentuk Backus-Naur (BNF) (McGettrick 80). Notasi ini adalah "metalanguage" untuk menentukan syntak bahasa. Syntak akan menentukan bentuk, sementara "semantik" akan mengacu ke arti. Metalanguage adalah bahasa untuk menjelaskan bahasa. Prefik meta berarti diatas, dengan demikian metalanguage adalah diatas bahasa normal.

JARINGAN SEMANTIK
"Semantic network" atau net/jaringan, merupakan teknik representasi AI klasik yang digunakan untuk informasi proporsional (Stillings 87). Jaringan semantik kadang-kadang disebut dengan "Proportional net" Seperti didiskusikan sebelumnya, suatu proporsi merupakan kalimat baik yang benar maupun yang salah, seperti "all dogs are animals" dan "a triagle has three sides". Proporsi merupakan bentuk dari pengetahuan deklaratif para proporsi tersebut menyatakan fakta dalam bentuk matematika jaringan semantik diberi label grafik langsung. Jaringan semantik pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk menunjukkan memori manusia dan pemahaman bahasa (Qullian 68)
Struktur jaringan semantik ditunjukkan secara grafik dalam bentuk "nodes" dan "arcs" yang menghubungkan nya. Nodes sering disebut dengan objek dan arcs sering disebut dengan "links" atau "edges". Link jaringan semantik digunakan untuk mengekspresikan suatu relasi.  sedangkan node pada umumnya digunakan untuk menunjukkan objek fisik, konsep, atau situasi.





Mungkin itu saja yang bisa saya rangkum dari kedua BAB di atas, Kurang dan lebihnya mohon di maaf kan, Terima Kasih.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

Rankuman BAB 1 dan BAB 2

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Labels

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support